Tuesday, July 26, 2016

Analisis Skripsi Itu Mudah Kok


Banyak mahasiswa yang sering kebingungan untuk menganalisis data diskripsi yang dibuat sebagai syarat kelulusan. Dalam prakteknya, sebenernya analisis data skripsi tidak serumit yang dipikirkan. Kita hanya perlu mengetahui jenis-jenis metode analisis apa yang tepat digunakan dengan data dan tujuan penelitian skripsi yang disusun. Selain itu juga diperlukan keinginan yang kuat untuk menyelesaikan sendiri skripsi yang dibuat, tidak tergoda untuk meminta orang lain menganalisiskan dengan tentunya perlu membayar sejumlah uang sebagai jasa pengolahannya (karena saya juga pernah membuka jasa pengolahan analisis skripsi, taip sekarang sudah tidak).

Ada beberapa metode analisis baik secara statistik ataupun tidak, seperti :

Analisis Statistik :
  1. Analisis regresi sederhana
  2. Analisis regresi berganda
  3. Analisis regresi logistik
  4. Analisis faktor
  5. Analisis time series (deret waktu)
  6. dsb.
Analisis non Statistik :
  1. Analisis wawancara
  2. Analisis kegiatan
  3. Analisis non-parametrik
  4. dsb.

Untuk lulus tidak perlu menggunakan analisis yang "njelimet", cukup menggunakan metode yang tepat tanpa perlu buang-buang waktu belajar metode analisis yang ternyata tidak sesuai dengan data dan penelitian kita. Sebagai contoh, kenapa harus menggunakan analisis regresi logistik kalau ternyata cukup menggunakan regresi linier berganda? padahal data dalam peneilitian kita kuantitatif bukan kualitatif.

Di blog ini nanti saya akan sedikit berbagi bagaimana dan metode analisis apa yang tepat digunakan dalam penyusunan penelitian skripsi. Kemudian kedepannya akan saya buatkan panduan penggunaan SPSS untuk analisis beserta contohnya.

semoga bermanfaat.

No comments:
Write comments